Seperti inilah cara membuat masakan labu kuning

Baca dulu dulu tentang cara membuat masakan labu kuning. Tidak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dipasarkan di restoran dan supermarket waralaba. Sebab makanan Indonesia punya banyak keunggulan selain rasanya yang enak. Kelebihan kuliner Indonesia ialah rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet membahayakan. seperti yang dikenal bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang bisa juga diaplikasikan sebagai pewarna dan pengawet natural kuliner.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal ialah salah satu kekayaan kebiasaan kuliner Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani kecuali palawija dan padi-padian. Umbi -umbian tersebut gampang didapat di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini ketinggalan jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tidak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang baik dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein sebab ada ayam, telor, tempe, dan lain-lain. Kecuali pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan kekenyangan, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, mempunyai kandungan Omega 3 yang sangat tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak masakan Indonesia yang di buat dengan sistem yang unik tapi tidak mengurangi kelezatannya contoh sederhana saja kerak telor yang dimasak dengan menggunakan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang wajib ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang wajib diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi semakin menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Bumbu Penerapan Mentah. Kita sering mendengar istilah, masakan beraroma bumbu mentah. Ini disebabkan saat menumis bahan-bahan makanan, bumbu kurang matang. Meskipun bumbu seperti kunyit, jahe, dan terasi sebaiknya dibakar sebentar sebelum dihaluskan agar bebauan lebih wangi dan tidak beraroma mentah. Bumbu dari biji, seperti lada, ketumbar, adas, wijen dan, jintan direkomendasikan disangrai terutamanya dulu agar aroma masakan lebih harum. Tidak bumbu segar seperti serai, dan lengkuas sebaiknya dimemarkan terutama dahulu sebelum digunakan. Untuk bumbu yang berasal dari daun, seperti daun kunyit, daun jeruk, daun salam atau daun pandan, sebaiknya diremas hingga memar sebelum dipakai agar wewangian bumbu lebih tajam.


2. Santan Pecah. Sistem kita membuat masakan berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Bila ini tentu akan membikin tekstur makanan menjadi tidak menarik. Masakan menuntaskannya ialah dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk sampai mendidih.


3. Masakan Over Cook. Satu tipe kuliner seperti sup sayuran biasanya menerapkan bahan yang berbeda-beda. Cara teknik pengolahannya tak benar, sebagian bahan akan terlalu matang (lunak). Masakan, cita rasa, tekstur, dan gizi tidak baik. Cara hasil kuliner maksimal, bahan makanan sebaiknya dimasukkan menurut tingkat kematangannya. Seperti daging yang lebih lama matang patut dimasak lebih-lebih dahulu. Kemudian menyusul wortel, jagung pipilan, dan brokoli.


 4. Kuliner Keasinan. Kuliner keasinan terjadi karena bumbu garam terlalu banyak atau sistem memasak yang salah. Sistem Anda telah telanjur memasukan garam terlalu banyak, cobalah tambahkan sedikit gula dan air jeruk nipis untuk mengurangi rasa asin. Sebaiknya, masukkan garam sesaat sebelum kuliner diangkat. Memasukkan garam dari awal atau saat kuah masakan masih banyak, membikin rasa asin garam terasa tepat. Kuliner seiring lamanya pengerjaan memasak, air akan menguap dan membikin kuliner terasa lebih asin.


Maka nafsu makan dimulai indra pengelihatan. Masakan yang simpel akan memunculkan selera makan bila diberi tahu dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar kuliner tampak lebih menarik dan menggugah selera. Memang kuliner indonesia di tiap-tiap tempat meski mempunyai kesamaaan tetapi tiap penyajiannya selalu berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa kelebihan masakan khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan simpel dan singkat ini dapat membuka mata kita akan masakan negeri Sendiri.


 


Entri Populer