Seperti inilah cara membuat masakan india

Pola cara membuat masakan india. Tak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dipasarkan di kafe dan supermarket waralaba. Karena makanan Indonesia punya banyak keunggulan kecuali rasanya yang sedap. Kelebihan kuliner Indonesia ialah rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet berbahaya. seperti yang dikenal bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang dapat juga digunakan sebagai pewarna dan pengawet natural kuliner.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal ialah salah satu kekayaan kultur masakan Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani selain palawija dan padi-padian. Umbi -umbian tersebut mudah didapat di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini ketinggalan jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang baik dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein karena ada ayam, telur, tempe, dan lain-lain. Selain pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan begah, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, memiliki kandungan Omega 3 yang sungguh-sungguh tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak kuliner Indonesia yang di buat dengan cara yang unik melainkan tidak mengurangi kelezatannya figur simpel saja kerak telor yang dimasak dengan memakai kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang seharusnya ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang harus diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi semakin menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Kuah Sup Keruh dan Tak Harum. Banyak para ibu yang mengeluh apabila membikin sup, kuahnya keruh dan tidak berbau harum. Untuk menjadikan kuah sup yang bening dan harum, pakai campuran potongan tulang dan daging. Potongan tulang dan daging diaplikasikan untuk membuat kaldunya. Rebus tulang-tulang untuk kaldu dengan api kecil hingga mendidih. Angkat dan membuang air rebusan pertama. Ganti air dan didihkan kembali memakai api kecil. Air rebusan kedua ini akan mewujudkan kaldu yang bening, tak terlalu berlemak, dan harum. Tambahkan potongan batang seledri dan batang daun bawang agar wangi-wangian sup lebih harum. Jangan mengaplikasikan daun bawang atau daun seledri, karena klorofil daun ini akan menjadikan kaldu kehijauan. Tumis bumbu seperti bawang, lengkuas, atau daun serai dengan sedikit minyak hingga harum. Tambahkan ke dalam kaldu, sengan metode ini, kaldu akan lebih harum dan lezat.


2. Daging Terasa Alot. Sedih memang, jikalau hasil kuliner seperti rendang, sate, empal, atau gulai tekstur dagingnya terasa alot dan tidak empuk. Daging yang tidak empuk kadang-kadang disebabkan sebab salah metode memasak. Memotong daging yang benar yakni melawan serat, jangan sejajar dengan serat daging.


3. Masakan Over Cook. Satu tipe kuliner seperti sup sayuran biasanya memakai bahan yang berbeda-beda. Cara teknik pengolahannya tidak benar, sebagian bahan akan terlalu matang (lunak). Masakan, cita rasa, tekstur, dan nutrisi tidak baik. Cara hasil masakan maksimal, bahan makanan sebaiknya dimasukkan berdasarkan tingkat kematangannya. Seperti daging yang lebih lama matang seharusnya dimasak khususnya dulu. Kemudian menyusul wortel, jagung pipilan, dan brokoli.


4. Masakan Terasa Cemplang/Hambar. Banyak ibu yang mengalami hal ini. Rasanya semua bahan dan bumbu telah pantas dengan takaran yang benar. Seandainya pembuatan juga meniru petunjuk resep. Masakan hasil kuliner terasa hambar. Cara itu terjadi, Anda tak perlu berkecil hati. Untuk menyelesaikan masakan yang terasa hambar, tambahkan sedikit gula pasir, garam, dan air jeruk nipis atau sedikit cuka. Kombinasi bumbu ini akan membuat kuliner terasa ideal.


Maka nafsu makan diawali indra pengelihatan. Kuliner yang sederhana akan menimbulkan selera makan seandainya disajikan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , senantiasa tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir supaya kuliner menonjol lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di tiap-tiap tempat sedangkan mempunyai kesamaaan tapi setiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah sebagian kelebihan masakan khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan sederhana dan singkat ini dapat membuka mata kita akan masakan negeri Sendiri.


 


Entri Populer